Troubleshooting

 Apa itu troubleshooting 



Melansir dari TechTarget, troubleshooting adalah sebuah pendekatan sistematis yang dilakukan untuk menemukan dan memecahkan masalah. Kendala atau masalah yang dimaksud biasanya bersifat kompleks, misalnya error pada perangkat komputer, jaringan, sistem perangkat lunak, dan lain sebagainya. Aktivitas troubleshooting bertujuan untuk memastikan bahwa sistem bisa beroperasi kembali dengan normal.

Ketika melakukan troubleshooting, seorang teknisi komputer biasanya akan menerapkan pendekatan isolasi masalah. Pendekatan dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi terkait kendala yang terjadi. Sebut saja seperti berkurangnya fungsionalitas suatu komponen atau terdapat perilaku yang tidak diinginkan. 

Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan, teknisi akan menghilangkan atau mengeliminasi sejumlah komponen yang dicurigai menjadi penyebab error. Tujuannya yaitu untuk memastikan apakah kendala masih tetap ada atau sudah hilang. Selain itu, langkah ini juga berguna sebagai identifikasi masalah ketidakcocokan komponen.

Metodologi troubleshooting pada dasarnya yaitu mencari penyebab masalah secara umum dan mengisolasinya sehingga dapat diperiksa. Dengan begitu, teknisi dapat mendiagnosis masalah dan menerapkan solusi yang jelas.


Jenis-jenis Troubleshooting

Secara teknis, ada dua jenis troubleshooting yang perlu kamu ketahui yaitu forward dan backward. Berikut ini penjelasannya:


Troubleshooting forward

Sesuai namanya, troubleshooting forward merupakan teknik yang dilakukan untuk mendeteksi masalah sejak awal perakitan komputer. Troubleshooting jenis ini biasanya digunakan oleh orang yang sudah terbiasa merakit komputer. Pemeriksaan dilakukan sebelum komputer dinyalakan atau diberi aliran listrik. Misalnya, pemeriksaan power supply dan power socket, pemasangan RAM, dan sebagainya.


Troubleshooting backward

Troubleshooting backward merupakan teknik yang dilakukan untuk mendeteksi masalah pada komputer setelah dinyalakan. Teknik ini banyak digunakan karena memang kendala lebih sering muncul setelah perangkat dihidupkan. Misalnya, floppy disk tidak terbaca, tombol CPU tidak berfungsi, dan lain-lain. 


Kebiasaan penggunaan yang buruk

Kebiasaan buruk pengguna bisa menurunkan performa dan kinerja perangkat. Contohnya seperti membuka banyak aplikasi bersamaan atau menggunakan perangkat secara overclock. Upaya troubleshooting untuk mengatasi hal ini adalah melakukan restart atau mendiamkan komputer dalam keadaan mati selama 10 sampai 20 menit.


Faktor desain kurang baik

Selaku pengguna, kamu tentu merasa kurang nyaman jika komputer yang digunakan didesain kurang baik. Misalnya penempatan port tidak biasa dan asal-asalan, dimana hal ini berpotensi menyebabkan kesalahan pemasangan kabel dan USB. Kesalahan memasukkan port akan terdeteksi oleh komputer dan memunculkan sebuah peringatan berupa dialog box.


Kesalahan tidak disengaja

Pengguna mungkin saja melakukan kesalahan secara tidak sengaja yang mempengaruhi kinerja sistem. Misalnya menekan banyak tombol keyboard bersamaan sehingga kursor tidak bisa bergerak. Upaya troubleshooting atas masalah ini yaitu dengan melakukan restart.


Kualitas sistem kurang baik

Kendala juga bisa terjadi akibat dari buruknya kualitas sistem itu sendiri. Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga masalah yang terjadi pun bervariasi tergantung sistemnya. Untuk memecahkan masalah sebaiknya ikuti buku panduan manual bawaan dari brand bersangkutan.


Simpulan

Sejauh ini kamu tentu sudah paham apa itu troubleshooting, mulai dari pengertian, jenis, hingga cara kerjanya. Troubleshooting adalah sebuah pendekatan sistematis yang dilakukan untuk menemukan dan memecahkan masalah yang bersifat kompleks. Misalnya, masalah pada sistem perangkat lunak, jaringan, komputer, dan lain-lain.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop