Implementasi Perangkat Lunak Aplikasi Pemrograman

 

Pengembangan Aplikasi dan Analisis Pemecahan Masalah 



Sebelum membuat algoritma atau langkah-langkah penyelesaian masalah maka harus terlebih dahulu diketahui permasalahan nya dan apa saja yang dibutuhkan sebelum memecahkan masalah. 

Guna menyusun sebuah program yang kompleks membutuhkan tahapan penyusunan yang sistematis dan terpadu sebagai berikut. 


1) Definisi Masalah 

Diperlukan pengumpulan data dan ketersediaan sumber daya yang akan digunakan dalam pengembangan dan penerapan program yang akan dibuat. 


2) Analisis kebutuhan

Berdasarkan data yang diperoleh mengenai masalah yang akan diselesaikan, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan kebutuhan untuk pengembangan program


3) Penyusunan Algoritma 

Desain program disajikan dalam bentuk flowchart, sehingga mudah bagi programmer untuk menuangkannya ke dalam bahasa pemrograman. 


4) Pengkodean/Pemrograman

Jika program memerlukan database untuk menyimpan, mengakses informasi, atau program harus mempunyai tampilan menarik dengan berbagai tombol dan menu, maka bahasa Pascal dan Fortran tidak cocok digunakan. 


5) Testing dan Debugging 

Langkah ini penting untuk mengetahui Pakah program yang telah dihasilkan memberikan solusi yang benar sesuai dengan yang diharapkan. 


6) Pemeliharaan

A. Selama program digunakan kekurangan- kekurangan dicatat dan digunakan untuk memperbaiki program yang sedang dijalankan. 


B. Analisis dan Desain Algoritma

Algoritma yang baik bukan hanya benar dalam menentukan solusi, tetapi harus efektif dan efisien. 


Beberapa teknik pemecahan masalah dalam algoritma : 

1) Divide and Conquer 

Teknik ini digunakan untuk memecahkan masalah dalam skala yang besar kemudian membagi-baginya menjadi masalah yang lebih sederhana. 


2) Decrease and Conquer

Teknik ini tidak membagi masalah utama menjadi beberapa bagian, mengurangi ukuran dari permasalahan utama sehingga menjadi lebih sederhana. 



3) Transform and Conquer

Teknik ini mengubah penyajian masalah ke dalam bentuk lain agar lebih mudah diselesaikan. Misalnya menyelesaikan sistem persamaan linear dengan matriks.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop