Rangkaian peristiwa

 Rangkaian peristiwa adalah salah satu unsur penting yang membangun isi cerita. Rangkaian peristiwa dapat ditemukan di dalam film, novel, cerpen, atau drama.

rangkaian peristiwa juga bisa disebut sebagai plot (alur) yang menyajikan pengembangan imajinasi dan daya pikir pengarang. Dengan adanya rangkaian peristiwa, maka cerita yang dibuat oleh pengarang menjadi nyaman dibaca dan mudah dipahami.

Alur atau rangkaian peristiwa memuat rangkaian kejadian,baik yang mengarah ke masa lalu, masa depan, atau masa sekarang. Alur yang baik akan membuat pembaca ikut terhanyut ke dalam rangkaian peristiwa atau kejadian yang ada di dalamnya.

Baik fiksi atau nonfiksi, setiap cerita membutuhkan alur yang dinamis dan tidak bertele-tele agar cerita menjadi satu kesatuan kejadian yang utuh dan saling berkaitan.

Alur adalah struktur rangkaian peristiwa yang tersusun berdasarkan kronologi tertentu. Alur juga termasuk unsur cerita yang pengatur berbagai tindakan tokoh yang menimbulkan sebab akibat. Dengan begitu, peristiwa yang satu dengan yang lain dapat saling bertautan.


Apa saja unsur-unsur rangkaian peristiwa?


1. Pengenalan Cerita

Pada bagian ini, pengarang memperkenalkan tokoh-tokoh di dalam cerita. Selain itu, adegan cerita dan hubungan antar tokoh juga diperkenalkan di awal cerita.

2. Awal Konflik

Pada bagian ini, pengarang akan memunculkan kejadian-kejadian, yang dapat memicu konflik atau permasalahan. Permasalahan dapat berupa permasalahan antar tokoh maupun konflik batin dari tokoh itu sendiri.

3. Klimaks

Klimaks adalah puncak permasalahan yang dialami oleh tokoh. Pada bagian ini, pengarang akan memperlihatkan babak akhir dari puncak konflik. Hal ini sekaligus menjadi penentu apakah tokoh tersebut akan memperoleh keberhasilan atau bahkan kegagalan.

4. Penyelesaian atau Ending

Akhir cerita dapat berupa upaya-upaya tokoh dalam menyelesaikan konfliknya. Unsur ini sekaligus akan menggambarkan nasib tokoh apakah berakhir bahagia, sengsara, atau menggantung.

Rangkaian peristiwa adalah unsur yang penting dalam menunjang jalannya cerita dari awal hingga akhir. Agar dapat membuat alur yang baik, maka diperlukan pemikiran yang kompleks agar dapat menyusun dan mengurutkan kejadian secara utuh dan saling bertautan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop