El clasico Indonesia

 


Derbi Indonesia (sering disebut sebagai El Clássico Indonesia, Superclásico atau Duel Super Klasik Indonesia) adalah pertandingan derbi antara Persib Bandung dan Persija Jakarta. Rivalitas ini meningkat dimulai pada tahun 2000 sampai sekarang. Pertandingan derbi ini dianggap salah satu sebagai derbi terkeras, paling ramai, dan paling legendaris dalam sejarah persepakbolaan Indonesia.

Sebelum liga berubah secara profesional, pada era Perserikatan persiangan antara klub tidak begitu intens dan panas karena Persija minim dukungan pada saat itu, dan setelah pendukung Persija bertumbuh, persaingan antara klub semakin panas dan terjadi di luar dan dalam lapangan juga suporter dan tim mereka, ketika bertemu pertandingan tersebut akan selalu di tunggu oleh pecinta klub sepakbola di Indonesia karena selalu berada dalam perkelahian atau panas.


Konflik Kelas

Dalam konflik kesenjangan ekonomi, sentimen tersebut juga ada dalam persaingan Persija dan Persib. Sebagai sebuah klub yang mewakili Jawa Barat yang merupakan masyarakat pendatang dari berbagai kota di Jawa Barat, suporter Persija kerap menjadikan suporter Persib membuat ejekan sebagai pedagang kecil di ibu kota Jakarta, meskipun banyak juga yang sukses menjadi pengusaha dan artis. Kepopuleran Persib bagi warga kelas tertindas turut mendorong eksistensi suporter Persib di Jakarta.


Suporter Persija juga menghina suporter Persib dengan ungkapan rasial terutama di media sosial. Meskipun dihina secara rasial, suporter Persib tidak membalasnya. Kebesaran hati pendukung Persib itu membuat klub ini semakin populer bagi masyarakat Sunda hingga penduduk di provinsi Banten dan Jawa Tengah bagian barat. Akibatnya, bagi suporter Persib jersey klub mereka lebih berharga ketimbang jersey tim nasional.

Pendukung mereka belum pernah bertemu setelah dimulainya permusuhan antara pendukung Persija dan Persib pada tahun 2000-an, hingga saat ini. Banyak konflik yang terjadi antara lain kematian salah satu pendukung dan bentrokan yang mengakibatkan luka-luka.


Persija Jakarta


Suporter Persija Jakarta menyebut The Jakmania. Didirikan pada tahun 1997 oleh Gugun Gondrong dan Ferry Indrasjarief dengan warna oranye sebagai identitas mereka. The Jakmania adalah salah satu suporter klub sepak bola terbesar di Indonesia.


Persib Bandung


Suporter Persib Bandung sering menyebut diri mereka sebagai Bobotoh, nama ini berasal dari bahasa Sunda. Secara harfiah sebagai orang memberikan dukungan, semangat dan dorongan, bagi mereka yang melakukan pertandingan. Ada beberapa kelompok suporter Persib Bandung namun yang paling terkenal dan awal permusuhan dengan suporter Persija Jakarta adalah Viking Persib Club (VPC).






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop