Figma

 Apa itu figma



Figma adalah salah satu tools atau aplikasi desain yang dapat digunakan pada windows dan Mac OS untuk membuat prototype aplikasi serta berbagai desain lainnya. Aplikasi ini berbasis vektor, sehingga memang sangat cocok digunakan untuk membuat user interface aplikasi atau website.

Selain itu, figma juga menyediakan aplikasi berbasis website, sehingga kamu tidak perlu menginstalnya di PC. Asalkan ada jaringan internet, maka kamu bisa menggunakan figma kapanpun dan di manapun. 

Karena berbasis online, maka figma juga otomatis akan menyimpan pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir selama jaringan internet tetap stabil.

Figma adalah satu dari sekian banyak tools desain seperti Adobe XD, Sketch, dan yang lain. Namun, figma masih menjadi pilihan yang populer, khususnya untuk kamu yang perlu berkolaborasi secara real time bersama tim.


Fitur Figma

Setelah tahu apa itu figma, kemudian figma juga memiliki berbagai fitur yang mereka tawarkan. Berikut ini fitur-fitur yang dilansir dari situs resmi Figma, diantaranya adalah.


Modern pen tool: Fitur pertama adalah modern pen tool, fitur ini untuk membantu kamu dalam menggambar ke berbagai arah dan bentuk menggunakan vector networks. Sehingga kamu tidak perlu lagi menghubungkan ke titik awal.


Instant arc designs: Selanjutnya adalah fitur instant arc yang membantu kamu dalam membuat bentuk busur, lingkaran, dan yang lain dengan mudah tanpa perlu takut hasilnya tidak lurus.


OpenType: OpenType merupakan serangkaian fitur lanjutan font pada figma. Pada fitur ini kamu dapat mengkustomisasi font yang canggih sehingga dapat lebih mengekspresikan merek atau brand kamu. 

Less manual resizing: Fitur yang memudahkan desainer dalam menyesuaikan ukuran teks dalam sebuah button secara otomatis. 


Stretch to fill: Setting komponen layout secara otomatis, baik ke kanan, kiri, atas, atau bawah secara responsif dan mudah.

Design speaks development: Fitur untuk mengatur padding, direction, dan spacing yang langsung diterjemahkan dalam kode script.  


Plugin: Figma menyediakan fitur plugin yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan desain kamu yang berupa icons, chart, diagrams, dan masih banyak lagi 


Widget: Widget merupakan objek khusus yang dapat ditambahkan pengguna ke halaman editor atau FigJam. Tidak seperti plugin yang hanya dapat dilihat oleh individu, widget adalah objek yang dapat dilihat oleh semua orang dalam sebuah file. 


Easy development: Figma mendukung pengembangan yang mudah, apabila kamu berhasil membuat desain untuk web atau aplikasi, maka di kemudian hari dapat dilanjutkan dengan mudah oleh desainer lain. 


Private extensions: Perusahaan atau organisasi dapat membuat dan mendistribusikan private plugin dan widget pada perusahaan mereka sesuai kebutuhan. 


Unlimited viewers: Fitur yang memungkinkan kamu untuk mengundang rekan tim sebanyak mungkin untuk melihat dan berkomentar secara gratis.  


 Inspect design files: Setiap viewer dapat mengambil cuplikan kode atau script yang dihasilkan untuk CSS, iOS, dan android.

Itulah beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi desain figma yang bisa kamu gunakan. 


Fungsi Figma

Dengan berbagai fitur yang sudah kita bahas di atas tentunya semakin memudahkan para desainer. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan pada aplikasi figma ini? Di bawah ini beberapa fungsi figma adalah sebagai berikut.


Wireframe aplikasi

Sebelum mendesain aplikasi, UI/UX Designer akan membuat gambaran kasar dari desain terlebih dulu yang disebut dengan wireframe. Pada wireframe terdapat kerangka desain yang akan dibuat dan dibuat menjadi lebih visual.


Nah, figma sebagai salah satu aplikasi desain juga dapat membantu kamu dalam membuat wireframe aplikasi sebelum masuk pada pembuatan UI-nya.


UI aplikasi dan website

Fungsi utama dari figma adalah untuk membuat desain aplikasi baik website maupun mobile. Untuk mendukung hal tersebut figma juga menyediakan berbagai pilihan frame mulai dari frame untuk phone yang meliputi iPhone dan android, frame untuk desktop, dan tablet. Dengan berbagai pilihan tersebut akan memudahkan kamu ketika mendesain dan diimplementasikan ke kode oleh programmer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop