Tools pada Microsoft powerpoint

 Apa fungsi tools?


Dalam bahasa Indonesia, tools adalah alat yang bisa memudahkan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Tools sendiri sebetulnya identik dengan dunia teknologi. Pasalnya, dalam perangkat komputer atau laptop yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tools menjadi fitur penting yang bisa membantu pekerjaan.


Home



Pada bagian tab Home ini terdapat beberapa submenu yang memiliki berbagai kegunaan. Tampilan isi dari tab home. Selanjutnya mari kita pelajari lebih lanjut yang ada di dalam tab home ini. Yang pertama adalah fungsi yang sangat penting yaitu Copy, Cut, Paste dan Format. Letak dari menu tersebut seperti pada gambar di bawah ini.



Copy adalah untuk mengkopi teks, gambar, shape, atau objek-objek lainnya (tanpa menghapus objek asli) kedalam clipboard agar dapat digandakan atau dipindahkan ke tempat tertentu. Tentu saja, selain melalui menu tersebut kita juga dapat menggunakan pintasan atau shortcut yaitu dengan menekan “Ctrl” kemudian “C” pada keyboard, atau yang lebih sering disebut “Ctrl + C”.

Cut adalah untuk mengkopi teks, gambar, shape, atau objek-objek lainnya (dengan menghapus objek asli) kedalam clipboard agar dapat digandakan atau dipindahkan ke tempat tertentu. Tentu saja, selain melalui menu tersebut kita juga dapat menggunakan pintasan atau shortcut yaitu dengan menekan “Ctrl” kemudian “X” pada keyboard, atau yang lebih sering disebut “Ctrl + X”.

Paste adalah untuk memunculkan hasil kopian (hasil Copy) atau potongan (hasil Cut) dari clipboard ke suatu tempat tertentu. Tentu saja, selain melalui menu tersebut kita juga dapat menggunakan pintasan atau shortcut yaitu dengan menekan “Ctrl” kemudian “V” pada keyboard, atau yang lebih sering disebut “Ctrl + V”.


Bagian kedua yang akan kita bahas yaitu bagian New Slide, Layout, Reset dan Section. Tampilan dari menu tersebut adalah seperti pada gambar di bawah ini.



 New Slide merupakan menu untuk menambahkan slide baru.

Layout merupakan menu untuk menambahkan template tata letak untuk presentasi kita. Misal Judul letaknya dimana, sub-judul dimana, dan gambar dimana.

Reset merupakan menu untuk me-reset ulang layout yang sudah kita geser-geser atau kita rubah-rubah agar kembali seperti awal ketika kita klik salah satu template di menu layout.

Section merupakan menu untuk menambahkan section di slide-slide yang kita buat.



Bagian ketiga yang akan kita bahas yaitu bagian pengaturan font. Tampilan dari menu pengaturan font tersebut adalah seperti pada gambar di bawah ini.



Kotak berisikan “Arial” itu adalah kotak yang digunakan untuk mengganti jenis Font yang akan dipergunakan. Misal akan diganti ke Century Gothic, Times New Roman, Algerian atau yang lainnya.

Kotak berisikan “60” itu adalah kotak yang digunakan untuk mengganti ukuran teks yang akan dipergunakan. Misal akan diganti dengan ukuran yang lebih besar seperti 75, 100, 200 atau diganti ke ukuran yang lebih kecil.

Dua kotak dengan huruf A dan segitiga ke atas dan ke bawah merupakan pintasan untuk mengubah ukuran teks. Misal tombol dengan huruf A dan segitiga ke atas berfungsi untuk menaikkan ukuran, sedangkan tombol dengan huruf B dan segitiga ke bawah berfungsi untuk menurunkan ukuran.

Kotak selanjutnya yang mempunyai ikon huruf A dan ikon penghapus bernama “Clear All Formating” itu adalah kotak yang digunakan untuk mem-format atau mereset semua setingan teks dan kembali ke settingan defaultnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop