Nama dan fungsi tools di Microsoft word

 



Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pekerja, pelajar, atau individu lainnya.

Aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office ini umumnya dipakai untuk membuat surat, laporan, dokumen, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang belum terbiasa atau baru mulai menggunakan Microsoft Word, tentunya bertanya-tanya, apa saja nama dan fungsi toolbar di Microsoft Word, serta fitur apa yang harus diketahui terlebih dahulu.


1. File Tab

Tab ini menyediakan beberapa opsi jika Anda ingin membuat file baru New Blank Document, membuka file yang terakhir dilihat Recent, membuka file yang sudah disimpan sebelumnya Open, atau menyimpan dokumen Save/Save As


2. Quick accsess toolbar

Quick Access Toolbar adalah tools yang memudahkan pengguna untuk memilih beberapa opsi secara cepat.

Ketika toolbar ini di-klik, nantinya akan muncul sejumlah opsi seperti New, Open, Save, Email, Quick Print, Print Preview and Print, Spelling & Grammar, Undo, Redo, Draw Table, dan Open Recent File.


3. Ribbon


Ribbon adalah semacam grup yang mengendalikan beberapa perintah maupun beberapa opsi di dalamnya. Ribbon terdiri atas tiga komponen yaitu Tab, Group, dan Command.


Tab = Tab muncul di bagian atas Ribbon yang mencakup Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. 

Grup = Grup ini merupakan kolom di mana sejumlah opsi atau perintah muncul dari setiap tab yang ada di bawah Ribbon. Misalnya, kolom untuk mengatur jenis dan ukuran font, Page Colors, Themes, dan lain sebagainya. 

Command = Command adalah perintah yang muncul dalam setiap grup seperti yang sudah disebutkan tadi.


4. Title bar

Title Bar adalah sebuah tab yang menampilkan judul atau nama dokumen Anda yang muncul di bagian tengah atas. Sebagai contoh "Laporan Keuangan Bulan Agustus - Microsoft Word".









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop