Microsoft office

 Tentang



Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.


Sejarah

Sejarah Microsoft Office diperkenalkan oleh Bill Gates pada tahun 1988 di Comdex di Las Vegas. Paket perangkat lunak ini awalnya disebut Office Suite. Maka itu hanya disebut Office. Selain itu, ia mematenkan nama Microsoft Office. Sejauh ini, Microsoft Office terus diperbarui dan berkembang pesat. Versi Microsoft Office ini memiliki fitur pembaruan seperti Microsoft Office 2001, 2003, 2007, 2010, tetapi sejauh ini Microsoft Office 2017 adalah versi terbaru. Tanpa Microsoft Office, komputer tidak dapat memproses, menyimpan, dan mengkompilasi data secara optimal, menjadikannya perangkat lunak utama komputer.

Microsoft Office pertama kali diumumkan oleh Bill Gates pada tanggal 1 Agustus 1988 di COMDEX di Las Vegas. Pada awal perilisannya, software dari Microsoft ini bernama Office Suite. Selain itu, Microsoft juga memposisikan Office sebagai platform pengembangan perangkat lunak bisnis di bawah merek Aplikasi Office.Sebagian besar pengguna Microsoft Office menggunakan versi desktop, yang tersedia untuk PC yang menjalankan sistem operasi Windows dan macOS. Maka tanpa tanggung-tanggung, Microsoft juga mengelola aplikasi mobile untuk Android dan iOS. Selain itu, Aplikasi Office juga tersedia dalam versi web. Di mana pengguna dapat menjalankan Aplikasi Office di browser web.


Jenis layanan Microsoft office

Selain memahami Microsoft Office, tentunya kita sudah mengetahui bahwa Microsoft Office kini telah memperluas layanannya. Memang, pada awal peluncuran Microsoft Office, hanya ada 3 layanan: Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Namun di era sekarang ini telah berkembang beberapa layanan untuk mempermudah pekerjaan atau tugas-tugas yang berbeda. Dan yang menarik, setiap layanan yang dihadirkan melalui Microsoft Office membantu memaksimalkan aktivitas pengguna. Misalnya, Microsoft Teams banyak digunakan untuk konferensi video selama pandemi COVID-19 saat ini. Pengguna dapat melihat penjelasan layanan lain di Microsoft Office pada poin berikut ini.


1. Microsoft Word



Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dirilis oleh Microsoft. Perangkat lunak ini dapat dianggap sebagai layanan pertama dari paket Microsoft Office. Sejak perangkat lunak ini dirilis pada 21 Oktober 1983. Seperti program pengolah kata lainnya, pengguna Word dapat membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Misalnya, surat, brosur, buku, kartu nama, buku harian, proposal, dll.


2. Microsoft Excel



Lain dengan paragraf sebelumnya, Microsoft Excel adalah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Secara umum, software aplikasi Microsoft Excel sangat berguna bagi mereka yang bekerja di bidang akuntansi dan administrasi. Karena dengan software ini, pengguna dapat mengelola data keuangan di perusahaan dengan mudah dan efektif. Banyak orang berpikir bahwa Microsoft Excel sering dipandang sebagai alat manajemen data.


3. Microsoft PowerPoint



Selanjutnya, layanan Microsoft PowerPoint adalah program Microsoft yang dirancang untuk presentasi. Dengan software ini, pengguna dapat membuat, mengatur dan memformat file slideshow agar lebih menarik sebelum dipresentasikan ke publik. Hanya sedikit orang yang menyukai Microsoft PowerPoint sebagai alat presentasi.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan bitmap dan vector

Hal kecil penyebab kerusakan pada tubuh

Pengertian dan sejarah singkat Adobe Photoshop